Consumer Behavior Class ( Kelas Perilaku Konsumen) Tuesday Afternoon
Departemen of Family and Consumer Science - College of Human Ecology - Bogor Agricultural University
Lecturer: Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.sc
Sesion I: www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id
Manfaat Mempelajari Perilaku Konsumen
Oleh Muhammad Sadri Sugra. Mayor SKPM (Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat) - College of Human Ecology
- Motivasi merupakan faktor penting yang termasuk faktor psikologis yang mempengaruhi keputusan dari konsumen
- kebutuhan dibagi dalam dua tipe, yang pertama utilitarian, merupakan kubutuhan kasat mata,sedangkan yang kedua adalah kebutuhan hedonik yang merupakan kebutuhan tidak kasat mata.
- Budaya dan kepribadian bergabung menjadi sebuah keinginan
- Teori yang mendasari motivasi dan kebutuhan terbagi menjadi dua, yaitu Drive Theory dan Expentacy Theory. Drive Theory dapat diartikan sebagai kebutuhan biologis, sedangkan Expentacy Theory adalah kebutuhan untuk mencapai sesuatu
- Kebutuhan dapat dibagi dalam empat bagian sebagai berikut
o Biogenic merupakan kebutuhan biologis seperti makan, tidur, dllo Psychogenic adalah kebutuhan yang timbul dari atau karena kebiasaano Utilitarian merupakan kebutuhan yang memerlukan produk secara fisik. Misalnya, orang harus memiliki telepon untuk komunikasi jarak jauho Hedonic adalah kebutuhan terhadap barang-barang tertentu. Misalnya, ingin memiliki suatu barang dengan merk tertentu· Beberapa jenis kebutuhan lain yang harus diketahui.o Need for achievement / kebutuhan akan barang mewaho Need for power / kebutuhan untuk bergabung dengan organisasi tertentuo Need for affiliation / kebutuhan untuk bertemano Need for uniqueness / kebutuhan akan barang-barang yang terbatasMaslow Hierarchy merupakan teori klasifikasi kelompok-kelompok kebutuhan berdasarkan tingkat kebutuhannya yang dikemukakan oleh maslow
Tidak ada komentar:
Posting Komentar