Sabtu, 10 September 2011


Consumer Behavior Class ( Kelas Perilaku Konsumen) Tuesday Afternoon
Departemen of Family and Consumer Science - College of Human Ecology - Bogor Agricultural University
Lecturer: Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.sc

Manfaat Mempelajari Perilaku Konsumen
Oleh Muhammad Sadri Sugra. Mayor SKPM (Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat) - College of Human Ecology
  
  • Motivasi merupakan faktor penting yang termasuk faktor psikologis yang mempengaruhi keputusan dari konsumen
  • kebutuhan dibagi dalam dua tipe, yang pertama utilitarian, merupakan kubutuhan kasat mata,sedangkan yang kedua adalah  kebutuhan hedonik yang merupakan kebutuhan tidak kasat mata.
  • Budaya dan kepribadian bergabung menjadi sebuah keinginan 
  • Teori yang mendasari motivasi dan kebutuhan terbagi menjadi dua, yaitu Drive Theory dan Expentacy Theory. Drive Theory dapat diartikan sebagai kebutuhan biologis, sedangkan Expentacy Theory adalah kebutuhan untuk mencapai sesuatu
  •  Kebutuhan dapat dibagi dalam empat bagian sebagai berikut
    o    Biogenic merupakan kebutuhan biologis seperti makan, tidur, dll
    o   Psychogenic adalah kebutuhan yang timbul dari atau karena kebiasaan
    o  Utilitarian merupakan kebutuhan yang memerlukan produk secara fisik. Misalnya, orang harus memiliki telepon untuk komunikasi jarak jauh
    o    Hedonic adalah kebutuhan terhadap barang-barang tertentu. Misalnya, ingin memiliki suatu barang dengan merk tertentu
    ·           Beberapa jenis kebutuhan lain yang harus diketahui.
    o    Need for achievement / kebutuhan akan barang mewah
    o    Need for power / kebutuhan untuk bergabung dengan organisasi tertentu
    o    Need for affiliation / kebutuhan untuk berteman
    o    Need for uniqueness / kebutuhan akan barang-barang yang terbatas
    Maslow Hierarchy merupakan teori klasifikasi kelompok-kelompok kebutuhan berdasarkan tingkat kebutuhannya  yang dikemukakan oleh maslow

Tidak ada komentar:

Posting Komentar